Makanan Khas Lombok Yang Bikin Ketagihan

Makanan Khas Lombok - Lombok merupakan salah satu pulau yang memiliki keindahan yang tak kalah indahnya dengan pulau bali. 

Pulau yang dijuluki dengan Pulau sejuta sapi ini memiliki panorama indah seperti pantai, air terjun serta bukit-bukit nya yang mampu memanjakan mata, tak terkecuali pula dengan makanan khas nya, yang menggugah selera.

Pulau Lombok, masuk dalam salah satu wisata halal di Indonesia, pulau kecil yang sekitar 80% penduduknya adalah suku sasak ini dan mayoritas pendukuknya pula beragama islam. sementara penduduk lainnya berasal dari Bali serta Tionghoa.



Makanan Khas Lombok


Makanan merupakan ciri khas dan identitas bagi setiap daerah, apalagi di Indonesia sendiri memiliki keragaman jenis serta cita rasa makanan disetiap daerahnya. Maka tak heran bila makanan sekarang ini menjadi salah satu wisata yang saat ini digandrungi semua kalangan usia.

Berikut ini 3 Makanan Khas pulau Lombok.

1. Pelecing Kangkung


pelecing kangkung khas Lombok
sumber foto : tempatwisata14.blogspot.com


makanan pertama adalah pelecing kangkung, yups, kangkung!!! sayuran yang sangat mudah kita temui ini dan sangat murah meriah ternyata bisa jadi makanan yang punya cita rasa yang sangat enak. Pelecing kangkung merupakan makanan khas Lombok yang cukup terkenal bahkan jadi makanan favorite. 

Pelecing kangkung terbuat dari kangkung yang telah direbus, kemudian disajikan dengan sambal tomat, yang terbuat dari beberapa cabai rawit, sedikit garam, terasi setra satu buah tomat, dan diberi perasan jeruk limau, atau dalam bahasa sasak sambal ini disebut dengan (Beberuk). udah kebanyang rasanya?.



sepengetahuan penulis, ada dua cara menyajikan pelecing kangkung ini, yaitu dengan menumis sambal tomatnya atau langsung saja disajikan dengan sambal yang segar tanpa ditumis. dan diberi perasan jeruk limau. recomend penulis sebaiknya sambal tomatnya jangan ditumis ya karena menurut penulis rasanya lebih nikmat.


2. Ares

sayur ares khas Lombok
Sumber foto : merahputih.com


Ares merupakan salah satu makanan Lombok yang selalu ada ketika acara begawe (acara pernikahan). Ares merupakan pelepah pisang yang masih muda. Pelepah pisang ini diolah bersama dengan kuah santan, menjadikannya rasanya begitu nikmat.


ares atau pelepah pisang dalam bahasa Lombok disebut dengan "Kedebong". kedebong ini kemudian diolah bersama santan dan rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa yang gurih. Didalamnya juga bisa ditambahkan daging yang membuat cita rasanya semakin nikmat.


3. Beberuk

beberuk khas lombok
Sumber foto : wowkeren.com


Beberuk merupakan lalapan, beberuk ini adalah makanan yang terbuat dari bumbu yang sederhana. lalapan ini ada terong bakar, bisa juga dari kacang panjang, tahu, rumput laut bisa juga ikan, Bumbu untuk membuat sambalnya uga tidak jauh berbeda dengan pelecing kangkung yakni, tomat, cabe, sedikit garam, dan terasi, boleh juga diberikan sedikit penyedap rasa dan sambal beberuk ini tidak ditumis kemudian disajikan dengan nasi hangat. 


Disetiap daerah mungkin berbeda ya tapi yang sering penulis makan seperti yang sudah penulis paparkan diatas selebihnya masih banyak makanan lainnya yang tak kalah nikmat.







    Comments